Tips Tampil Percaya Diri Saat Wawancara Kerja

RSS
Tips Tampil Percaya Diri Saat Wawancara Kerja
Wawancara kerja bisa dibilang sebagai salah satu tahapan dalam hidup anda yang cukup menegangkan. Bahkan wawancara kerja ini bisa anda sandingkan dengan ujian-ujian akhir di sekolah dan juga sidang skripsi saat di kampus dulu. Ini karena hasil wawancara kerja akan berpengaruh pada karir anda selanjutnya. Namun, meskipun wawancara kerja sangatlah penting seringkali anda merasa gugup dan berakhir dengan kegagalan. Untuk itulah, kali ini kita akan sedikit mengulas mengenai tips tampil percaya diri saat wawancara kerja. Simak ulasannya berikut ini ya..
Latihan Pernapasan
Ini memang sedikit aneh, tapi percayalah tips ini akan membuat kepercayaan diri anda meningkat. Dengan mengatur dan melatih pernapasan, maka anda akan merasa lebih tenang dan tidak tertekan. Anda bisa melakukan latihan pernapasan ala ibu yang sedang melahirkan. Ambil napas panjang-panjang dan hembuskan perlahan. Tidak hanya di rumah, anda juga bisa melakukan latihan ini saat berada di lokasi wawancara. Sambil menunggu nama anda dipanggil, anda bisa melakukan sedikit latihan napas ini. Hasil akhirnya, tentu emosi dan kepercayaan diri anda lebih stabil saat masuk ke ruang wawancara.
Pentingnya Gesture dan Eye Contact
Salah satu poin penting dalam wawancara kerja adalah sikap positif yang anda tunjukkan melalui gesture dan eye contact. Kepercayaan diri anda akan terlihat jelas dari gesture dan eye contact yang anda lakukan selama wawancara berlangsung. Usahakan untuk tidak melihat ke bawah atau ke arah lain selain pewawancara. Berikan tatapan tegas dan berani tanpa intimidasi untuk memberikan kesan bahwa anda memang siap dan pantas untuk pekerjaan ini.
Berpura-Pura Percaya Diri
Jika anda tipikal orang yang memang kurang PD dan suka panik, maka cobalah menyemangati diri dengan kebohongan atau sugesti yang baik. Terus katakan pada diri anda bahwa anda siap, percaya diri dan berani menghadapi wawancara ini. Jangan hentikan sugesti atau kebohongan tentang kepercayaan diri ini hingga anda benar-benar merasa bahwa anda memang PD untuk menjalani wawancara ini. Sugesti terus-menerus secara tidak langsung akan membuat anda melupakan ketakutan yang anda rasakan.
Bebas dari Jerawat
Pelihara penampilan wajah anda agar tampil berseri dan terlihat segar. Bagaimanapun juga penampilan luar adalah yang terpenting, wajah yang segar akan mewakili memancarkan kepandaian dan inner beauty anda. Pastikan wajah anda bebas dari jerawat , bekas jerawat menghitam dan komedo, jika anda memiliki masalah dengan jerawat segeralah cari obat jerawat yang paling ampuh untuk menyembuhkannya sebelum hari H interview anda. Salah satu obat jerawat yang sudah terbukti paling ampuh dan telah dipakai oleh ratusan ribu wanita di Indonesia adalah Paket Bebas Jerawat Tanpa Bekas dari SparklingChix
Menjadi Diri Sendiri
Tujuan utama anda mengikuti wawancara kerja jelas untuk mendapatkan pekerjaan tersebut kan? Nah, beberapa orang seringkali menempuh segala cara agar bisa terpilih atau lolos dalam wawancara kerja. Salah satunya dengan mencoba atau memaksakan terlihat wow atau sempurna di hadapan pewawancara. Anda harus tahu bahwa ini salah dan harus dihindari. Tidak semua pewawancara senang dengan impresi yang ditunjukkan oleh calon pekerja, khususnya impresi yang berlebihan dan dipaksakan.
Daripada usaha anda sia-sia dalam mengimpresi, maka akan lebih baik jika anda membangun suasana yang nyaman selama wawancara kerja. Buat pewawancara merasa anda adalah orang yang tepat tanpa harus menjabarkan berbagai hal yang berlebihan.
Selain keempat tips di atas, anda juga perlu ingat bahwa stres berlebih bisa membuat kepercayaan diri anda menurun. Jadi sebaiknya jangan menyiksa diri anda dengan belajar terlalu keras karena faktanya wawancara kerja tidak mengharuskan anda harus mengerjakan soal-soal matematika atau IPA dalam jangka waktu tertentu. Jika memang kemampuan anda sesuai dengan pekerjaan ini maka jangan meragukan diri anda lagi.

Previous Post

  • Ida Puspitasari